Halaman

Selasa, 13 November 2012

E-Commerce itu apa sih?

Saat ini sangat ramai dengan adanya perdagangan yang menggunakan media elektronik, dimana barang yang diperdagangkan dapat berupa jasa, sepatu, tas, pakaian, alat-alat rumah tangga, dan sebagainya. Perdagangan dalam konteks dasarnya adalah suatu kegiatan yang melibatkan dua orang atau lebih yang bertemu secara langsung untuk melakukan sebuah transaksi jual beli sebuah produk. Tapi dengan berkembangnya kemajuan teknologi yang ada sekarang, perdagangan tidak perlu dilakukan secara bertemu, tetapi perdagangan melalui media elektronik. Dan perdagangan melalui media elektronik inilah yang lebih dikenal sebagai sebuah “E-Commerce”.

Media elektronik yang lebih sering digunakan dalam E-commerce (perdagangan elektronik) ini adalah penggunaan media internet. Kenapa media internet yang digunakan sebagai media berdagang? Dalam hal ini media internet lebih sering digunakan sebagai media perdagangan karena pada saat ini internetlah yang sedang banyak digunakan oleh orang.



Penggunaan internet dipilih oleh kebanyakan orang sekarang ini karena kemudahan-kemudahan yang dimiliki oleh jaringan internet itu sendiri, yaitu: Internet sebagai jaringan publik yang sangat besar, layaknya yang dimiliki suatu jaringan publik elektronik, yaitu murah, cepat dan kemudahan akses hingga ke penjuru dunia (tidak hanya lingkup lokal).
E-commerce itu sendiri dapat dibagi menjadi tiga tipe yaitu:

  • Electronic Markets (EMs)
EMs adalah sebuah sarana yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan/menyajikan penawaran dalam sebuah segmen pasar, sehingga pembeli dapat membandingkan berbagai macam harga yang ditawarkan serta bertukar informasi tentang produk (barang) yang ditawarkan beserta daftar harganya. Keuntungan fasilitas EMs bagi pelanggan sendiri adalah dapat menghemat waktu dan biaya tanpa mendatangi penjual untuk melihat dan membeli benda yang diinginkan. Sedangkan bagi penjual sendiri, keuntungan fasilitas Ems adalah adalah dapat menghemat waktu dan biaya tanpa mendatangi pembeli untuk menawarkan produk (benda) yang akan dia jual.
  • Electronic Data Interchange (EDI)
EDI adalah sarana pertukaran data terstruktur dengan format standard yang telah disetujui oleh antar organisasi yang melakukan pertukaran yang dilakukan dari satu sistem komputer ke sistem komputer yang lain dengan menggunakan media elektronik.
EDI sangat luas penggunaannya, biasanya digunakan oleh kelompok retail yang besar ketika melakukan bisnis dagang dengan para supplier mereka.
EDI memiliki standarisasi pengkodean transaksi perdagangan, sehingga organisasi komersial tersebut dapat berkomunikasi secara langsung dari satu sistem komputer yang satu ke sistem komputer yang lain tanpa memerlukan hardcopy, faktur, serta terhindar dari penundaan, kesalahan yang tidak disengaja dalam penanganan berkas dan intervensi dari manusia.
Keuntungan dalam menggunakan EDI adalah waktu pemesanan yang singkat, mengurangi biaya, memiliki respon yang cepat, serta pembayaran dapat dilakukan secara elektronik.
  • Internet Commerce
Internet commerce adalah penggunaan internet yang digunakan untuk bertukar informasi dan komunikasi untuk perdagangan. Kegiatan yang terdapat dalam internet commerce ini biasanya berupa iklan dalam penjualan produk dan jasa. Transaksi yang dapat dilakukan di internet antara lain pemesanan/pembelian barang dimana barang akan dikirim melalui pos atau sarana lain setelah uang ditransfer ke rekening penjual.
Penggunaan internet commerce ini sendiri mempunyai keuntungan bagi penjual maupun pembeli. Keuntungan untuk penjual sendiri adalah penjual tidak perlu mendatangi pembeli, tetapi hanya menampilkan gambar produk dan harga produk di internet. Keuntungan untuk pembeli sendiri adalah pembeli tidak perlu mendatangi penjual untuk memilih produk yang ditawarkan dan menanyakan harga produk tersebut. Pembelian melalui internet commerce ini akan diimbangi dengan adanya layanan pengantaran barang (baik pos ataupun jasa pengiriman) sampai di tempat pembeli.
Berbeda dengan transaksi perdagangan biasa, transaksi e-commerce memiliki beberapa karakteristik yang sangat khusus, yaitu :
1. Transaksi yang dilakukan tidak hanya dalam lingkup nasional, melainkan dapat mencapai lingkup internasional.
2. Transaksi yang dilakukan tidak mengenal siapa penjual dan siapa pembeli.

sumber : Arry Aryanto (Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Unpas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar