Halaman

Rabu, 28 September 2011

Pengalaman Pertama Kali Mengembangkan Sistem Informasi

Jika ditanya kapan pertama kali mengembangkan Sistem informasi, tentu saya akan menjawab pada saat SMA.
Lab komputer di SMA mengajarkan beberapa dasar-dasar pengembangan sistem informasi, seperti Microsoft Office dan membuat Blog pribadi, ini berlanjut hingga saya memasuki perguruan tinggi jurusan Teknik Informatika.
Pada semester 1 dan 2 saya belajar beberapa bahasa pemrograman, yaitu QBasic, Java, Pascal, dan Visual Basic.
Semester 3 dan 4 mempelajari Phyton, Cobol, dan bahasa C, setelah mengikuti matakuliah di kelas dan praktek-praktek di lab TI tentunya sangat bermanfaat menambah pengetahuan saya dalam mengembangkan Sistem Informasi.


Hal yang menarik untuk saya adalah ketika liburan semester 4. Pada saat itu saya mengikuti kursus dari Gunadarma mengenai pengenalan PHP dan Mysql.
Pada awalnya saya diajarkan beberapa dasar HTML, yang dapat digunakan untuk membuat suatu web yang bersifat statis.
Dilanjutkan dengan perintah-perintah Mysql untuk membuat database pada suatu web.
Database ini nanti nya akan dipanggil untuk menampilkan output yang dibutuhkan oleh user pada web tersebut.
PHP adalah materi terakhir yang diberikan, kode di PHP ini dapat digabungkan dengan kode pada HTML, kelebihannya adalah dapat membuat suatu web yang dinamis.
Berbeda denngan HTML yang dapat langsung dipanggil secara offline, PHP memerlukan web server agar dapat digunakan offline. Jadi dapat dikatakan untuk membuat suatu web yang dinamis memerlukan database dan web server.

Hal menarik dari PHP yang saya pelajari pada awalnya adalah membuat buku tamu yang biasa digunakan pada web-web yang dinamis, setelah mendapat pengalaman membuat web sederhana ini saya semakin tertarik dalam bidang Web dan Jaringan.
Untuk itu, dari pengalaman ini, kedepannya saya akan belajar lebih banyak lagi untuk membuat web yang dinamis, menarik, dan kompleks serta tidak lupa selalu menambah pengetahuan dalam mengembangkan sistem informasi yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar